Profil Madrasah Tunaswira Sofwatus Silmi
Profil Madrasah Kami

Madrasah Tunaswira Sofwatus Silmi (Madrasah Tunaswira SS) merupakan lembaga pendidikan Islam swasta-nonformal yang berdiri pada tahun 2023. Madrasah Tunaswira SS lahir untuk menjawab kekhawatiran orang tua dalam memilihkan pendidikan terbaik bagi ananda dengan menyediakan pendidikan berkualitas dengan pendekatan dan kerangka kerja modern.

Secara spesifik Madrasah Tunaswira SS berusaha membangun ciri khas sebagai (a) komunitas belajar (learning community) sepanjang hayat kepada seluruh pendidik dan peserta didik. (b) Menciptakan kemampuan bersaing secara kompetitif dengan memanfaatkan komponen-komponen pendukung seperti jaringan kerjasama (network), kerja sama tim (teamwork), dengan tetap menghasilkan kualitas pendidikan yang tinggi (high quality).

Hadirnya Madrasah Tunaswira SS dapat dimaknai sebagai sebuah pendidikan alternatif dalam menghadapi era global

Visi
Mewujudkan lembaga pendidikan Islam yang mampu mencetak tunas pemimpin unggul dan berdaya saing demi menyongsong masa depan Islam yang gemilang.
Misi

Membekali dan membina peserta didik untuk memiliki kepribadian Islam melalui pembentukan aqliyah dan nafsiyah Islam yang baik, benar, serta berkualitas.

Membekali dan membina peserta didik untuk memiliki wawasan yang luas, melalui pembelajaran tsaqofah Islam dan ilmu pengetahuan umum.

Membekali dan membina peserta didik untuk memiliki keterampilan hidup, sehingga berdaya saing tinggi, serta

Membekali dan membina peserta didik untuk memiliki kepedulian yang tinggi, sehingga siap tampil di masyarakat sebagai pemimpin umat.

Core Values
Nilai yang Kami Junjung

Tunaswira Sofwatus Silmi Core Values adalah karakter dan nilai inti yang dimaknai bersama dan dijunjung tinggi oleh seluruh pendidik, tenaga kependidikan dan peserta didik yaitu Committed to the Truth, Sincerity, and Society.

Truth

Komitmen pada kebenaran Islam (truth) diwujudkan dengan mengembalikan asas pendidikan Islam pada aqidah Islam dan membangun paradigma pendidikan holistik-integratif dan tidak memisahkan khasanah keilmuwan fardhu 'ain dan fardhu kifayah (non-dikotomik).

Sincerity

Komitmen pada kesungguhan (sincerity) diwujudkan dalam membangun strategi fungsional pendidikan dengan memperbaiki (a) susunan kurikulum, (b) optimalisasi peran dan fungsi pendidik & tenaga kependidikan, (c) proses belajar-mengajar yang baik (bebas bullying, aman, bersih, dan sehat), & (d) menumbuhkan budaya sekolah yang Islami.

Society

Komitmen pada masyarakat (society) diwujudkan dalam membangun sinergi dan melaksanakan pembinaan terhadap keluarga dan masyarakat di lingkungan madrasah, sehingga sesuai dengan visi dan misi pendidikan lembaga.

4 Kompetensi Lulusan
1. Berkepribadian Islam

Peserta didik mampu berpikir dan menjadikan seluruh dorongan hawa nafsunya sesuai dengan Islam. Hal ini diwujudkan dengan cara menjalankan perkara yang wajib dan mandub, meninggalkan perkara yang haram dan makruh, atau melakukan lebih dari itu dari berbagai aktivitas ketaatan yang dianjurkan, serta menjauhi perkara yang syubhat (belum jelas status hukumnya).

2. Berwawasan Luas

Peserta didik dibina untuk menjadi sosok ulul albab, yaitu manusia yang mengedepankan dzikir, fikir, dan amal sholeh. Ia memiliki ilmu yang luas, pandangan mata yang tajam, otak yang cerdas, hati yang lembut, dan semangat jiwa pejuang.

3. Berdaya Saing Tinggi

Peserta didik dibina dengan program-program modern dengan menawarkan strategi dan metode pembelajaran aktif sehingga lulusannya dapat bersaing pada tingkat nasional maupun internasional.

4. Berkarakter Pemimpin

Peserta didik dibina untuk mampu menjadi qudwah (teladan) yang diteladani ucapan dan perbuatannya dalam kebaika. Hal yang demikian ini tidak akan terwujud kecuali para peserta didik disiapkan untuk menjadi seorang pemimpin bertaqwa.

5 Keunggulan Madrasah
1. Tahfidz dan Tahsin Al-Qur’an

Capaian minimal program tahfidz al-Qur’an adalah 3 Juz Al-Qur’an (6 tahun) dan lulus Imtihan Tahsin Al-Qur’an Metode UMMI.

2. Lingkungan Belajar yang Kondusif untuk Tunas Pemimpin

Madrasah menyediakan lingkungan yang menerapkan nilai-nilai Islami, bebas bullying, aman, bersih, dan sehat untuk tumbuh kembang tunas pemimpin yang unggul dan berdaya saing.

3. Pendidikan Kecakapan Hidup

Pembelajaran tentang aktivitas kehidupan nyata untuk membantu peserta didik mengembangkan kemandirian, konsentrasi, dan kepercayaan diri, seperti kegiatan memasak, berkebun, membersihkan lingkungan, mencuci, dan mengenakan pakaian yang distandarkan pada tuntunan Islam.

4. Optimalisasi Peran dan Fungsi Pendidik & Tenaga Kependidikan

Madrasah berupaya untuk meningkatkan peran dan fungsi guru dengan melaksanakan pembinaan secara berkala, serta mengirimnya ke dalam training atau dauroh demi meningkatkan kualitas pendidikan Madrasah.

5. Sinergi dengan Orang Tua

Madrasah membangun sinergi dengan orang tua dalam pendidikan dalam bentuk pengisian Buku Pendampingan Harian (BPH) dan kajian parenting untuk orang tua.

7 Program Pengembangan Diri Peserta Didik
1. Tasmi’ al-Qur’an bil Ghoib

Kegiatan memperdengarkan hafalan al-Qur’an yang dilakukan oleh peserta didik.

2. Study Lapangan

Kegiatan ini berupa kunjungan ke tempat-tempat yang sesuai dengan materi pelajaran di sekolah seperti kebun, museum dan industri untuk memberikan gambaran riil terkait pembelajaran.

3. PORSIP (Pentas Olah Raga, Seni, dan Ilmu Pengetahuan)

Kegiatan lomba untuk menggali keterampilan peserta didik dalam bidang olahraga, seni, dan ilmu pengetahuan.

4. Tunaswira-SS Market Day (TMD)

Kegiatan untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan dalam diri peserta didik dengan melaksanakan aktivitas jual beli yang sesuai dengan tuntunan Islam.

5. Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) dan Ramadhan Journey

Kegiatan untuk menanamkan syi’ar Islam kepada peserta didik pada hari besar Islam. Serta kegiatan menjelang datangnya bulan Ramadhan hingga bulan Syawal, meliputi latihan puasa Sya’ban, tarhib Ramadhan, pesantren kilat, pembagian ZIS/bakti sosial, dan halal bi halal.

6. Tahfidz Qur'an Camp (TQC)

Kegiatan untuk menunjang peningkatan hafalan peserta didik dan pembentukan kepribadian Islam dalam bentuk menginap di sekolah.

7. Latihan Dasar Kepemimpinan Tunaswira-SS

Pengembangan kegiatan di luar kelas untuk membentuk peserta didik untuk menjadi tunas pemimpin unggul dan berdaya saing.

Program Pembelajaran Harian
1. Pembiasaan Sholat Dhuha berjamaah dan Al-Ma’tsurat
2. Muroja’ah Hafalan Al-Qur’an
3. Hafalan Vocabularies dan Mufrodat
4. Hafalan Hadits Arba’in Nawawi
5. Fun Qur’an (Tahfidz, Tahsin, Kitabah)
6. Literasi-Numerasi-Stimulasi
7. Pembelajaran Tsaqofah Islam
8. Qoilulah (Tidur Siang)
9. Makan Siang
10. Pembiasaan Sholat Dhuhur berjamaah
11. Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Umum
12. Kontrol Buku Pendampingan Harian
Daftarkan segera anak bapak dan ibu ke Madrasah kami.
Mari berikan mereka bekal spiritual yang kokoh dan bersama memperkuat akar iman dan cinta Al-Qur'an dalam diri mereka